Kuliah,  Perjalanan

Jangan Kamu Lewatkan 10 Hal Ini Selama Kuliah

Bangku kuliah merupakan waktu yang amat sangat sayang untuk dilewatkan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika kuliah, bukan hanya siklus untuk datang-duduk-mendengarkan-pulang. Jika kamu sadari akan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika masih berstatus mahasiswa ini.

Belajar Mandiri

Ada banyak sokongan finansial ketika kuliah, baik dari beasiswa pemerintah ataupun beasiswa dari orangtua sendiri. Mencoba untuk bisa mandiri dalam hal finansial bukanlah hal yang tak mungkin. Bisa jadi kamu belum bisa sepenuhnya mandiri dalam hal finansial setidaknya kamu bisa merasakan bahwa mencari duit engga mudah sob! Dari belajar mandiri kamu bisa belajar betapa uang berapapun nominalnya amat sangat susah untuk didapat.

Bagaimana cara kamu bisa belajar mandiri? Salah satunya lewat belajar wirausaha, sendiri memang tak mudah tapi bareng teman-teman itu menjadi hal yang memungkinkan. Bahkan jika kamu bisa jeli memanfaatkan kesempatan, biasanya akan ada event business project dari kampus yang bisa kamu manfaatkan sebagai sponsormu.

 

 

CIMG0527
Banyak hal yang bisa kamu lakukan dalam wirausaha, salah satunya memanfaatkan momen wisuda dikampus

 

Belajar Berkompetisi

Hal yang sunnatullah bahwa hidup merupakan sebuah kompetisi. Bahkan sperma yang akan membuahi ovum pun berkompetisi dulu. Ya, kompetisi memang bisa diartikan sesuatu yang negatif atau pun positif. Tergantung niat kamu sob, kompetisi bisa mengajarkan kita buat berusaha, berjuang, sportifitas, menghargai dan membuka wawasan kita terhadap lingkungan sekitar kita. Lewat berbagai kompetisi kamu sadar, bahwa ada alam yang sangat luas dibalik tempurungmu. Cobalah bertemu teman-teman dengan berbagai warna almamater, walau saling berkompetisi tapi ini juga bisa jadi media untuk saling bertukar fikiran demi kemajuan bangsa.

mtf_Mxecg_321.jpg
Bertemu dengan teman dari almamater lain bisa jadi jalan buat saling bertukar fikiran

 

Belajar Menulis

Hal yang tak pernah membuat rugi didunia ini adalah membaca dan menulis. Dua hal ini bisa memeberikan masukan positif bagi diri kamu (asalkan yang dibaca adalah hal yang baik pula). Setidaknya ketika membaca kamu akan mendapakan pengetahuan baru dan ketika menulis kamu akan membantu orang untuk tahu juga, berpahala bukan?

Nah, di kampus akan ada banyak sekali saran buat kamu menulis. Lewat menulis juga kamu bisa mengangsur penelitian kamu dengan biaya dari Kemenristek dikti salah satunya lewat PKM (tunggu tulisan saya berikutnya yaa). Salah satu keuntungannya, selain menulis kamu juga dapatbereksperimen. Setiap kampus punya kegiatan tahunan untuk menulis seperti essay yang kalau menang bisa kamu tabung hadiahnya. Atau kalau kamu ingin menyalurkan hobby ada Tumblr, blog atau web yang bisa menampung ide dan pemikiran kamu.

20150617_123532
Ada banyak sarana yang bisa menampung minat dan bakatmu, selain salah satunya PKM selain menulis kamu juga bisa bereksperimen

 

Merasakan Sensasi Gratis

Kampus merupakan jembatan besar yang akan membawa kamu kemanapun kamu mau. Kamu hanya memerlukan usaha untuk mendapatkannya, modalnya? Kampus dapat memfasilitasi berbagai kegiatan kamu yang dapat menunjang kegiatan akademis dan non akademis dengan azas bermanfaat dan bertanggung jawab. Kamu bisa melalang buana dengan disponsori kampus asalkan kamu punya tekad dan hal yang kamu lakukan bermanfaat. Mulai dari Pelatihan Kepemimpinan, Student Summit, Student Exchange, dll.

CIMG2051
Kunjungan ke IKOP, Pilot Industry di International Islamic University of Malaysia dalam kegiatan Student Exchange 2015

 

Mimpimu Tak Akan Mati

Kamu pernah bercita-cita jadi seorang designer? Tapi kok malah sekarang di jurusan yang amat sangat jauh dari hal itu, terus kamu langsung mengubur mimpimu? Mungkin kalau kamu masih di zaman batu bisa jadi itu adalah pilihan terbaik. Tapi kalau sekarang dizaman yang open any access, kamu bisa mengembangkan mimpimu. Walau tidak menjadi hal utama namun menjadikannya hobby bisa menjadi hal yang baik sekaligus menjadi pengencer kejenuhan akan rutinitasmu. Ya, otodidak adalah yang sangat bisa kamu lakukan dan tinggal meluncur ke google.

 

google
Search engine seperti google (sangat)bisa jadi menjawab rasa ingin tahumu

 

Membongkar Tembok antara Mahasiswa dan Dosen

Ibaratnya ada sebuah tembok besar yang membatasi antara mahasiswa dan dosen, yang membuat interaksi kita menjadi kaku yang hanya berkisar di urusan dikelas atau tugas. Akan ada banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika kita tidak berada dalam ruangan kelas membahas sesuatu hal yang materi berat mengenai kulah. Namun mencoba diskusi dengan dosen juga bisa membuka pemikiran kita lebih luas atau stalking juga bisa hehehe, tentunya kita harus menghormati dan dengan sopan santun karena beliau juga orangtua kita. Dosen bisa menjadi orang yang menginspirasimu.

 

Untitled-1

Belajar Komunikasi

Komunikasi butuh latihan, pasti ada saatnya kita presentasi atau menyampaikan pendapat didepan umum. Ketika kuliah belajar untuk menyampaikan pendapat, kalau ada diskusi atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya sekalian untuk menghilangkan kantuk sekaligus meningkatkan fokus hehehe.

20150617_140018
Presentasi, hal yang akan pernah lepas selama kuliah dan kerja (katanya)

 

Organisasi, Wadah Penting Mengembangkan Diri

Ketika kuliah akan ada banyak sekali organisasi yang siap mewadahi minat dan bakat kamu. Selain memperluas relasi dari sini kamu juga akan belajar tanggung jawab, kepemimpinan, berbagi dan rasa memiliki. Yang penting ketika kamu berorganisasi ikuti apa yang menjadi pilihan dan keinginanmu, jangan cuma jadi follower. Dari sini kamu akan menghadapi orang dengan watak dan pemikiran yang berbagai macam, yang terpenting kamu tetap pada prinsip dan tanggung jawabmu.

IMG_2331

 

Belajar Mengabdi

Ketika kuliah, kamu akan menemukan berbagai macam latar belakang daerah. Salah satu tugas yang tak kalah penting nantinya setelah lulus adalah memberi sumbangsih kepada daerahmu. Hal ini dapat diangsur dari hal yang kecil, mulai dari membuat ikatan sesama mahasiswa ketika kuliah,  bertukar fikiran mengenai perkembangan daerah, mengumpulkan massa untuk mempersiapkan perkembangan kampungmu kelak selepas bertoga.

IMG_0364
Bersama-sama membentuk massa untuk membangun kampung halaman

 

Belajar Mempersiapkan Masa Depan

Setiap orang memiliki mimpi masing-masing. Untuk mewujudkan mimpi tersebut bisa diangsur dari bangku kuliah, kalau ingin melanjutkan kuliah bisa mulai belajar mempersiapkan TOEFL, IELTS dan syarat lain atau megikuti berbagai kuliah online yang bnyak dilakukan oleh Non Government Organisation yang akan mempertemukan kita dengan orang hebat. Apapun mimpimu, berusahalah meraihnya dan Allah akan membuatnya nyata (InsyaAllah) 🙂

IMG_2389

Yang harus kita sadari, kuliah itu bukan hanya untuk menuntut selembar kertas ijazah. Akan ada banyak hal yang bisa kita lakukan dimasa kuliah. Berawal dari ruang kelasmu, buka pintunya dan lihatlah ada alam yang lebih luas ketika berada diluar. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat 🙂

 

Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan juga hidup.
Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja – Buya Hamka

Saya masih belajar menjadi manusia yang bisa bermanfaat untuk sesama, salam kenal dan mari ngobrol :)

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *