Pendakian ke Gunung Talang

Minggu lalu, merupakan weekend yang cukup panjang mulai dari jum’at (5/2) sore hingga hari senin (8/2) disebabkan adanya Tahun Baru Imlek. Dan kami melakukan pendakian ke Gunung Talang yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Perjalanan kami dimulai dari malam jum’at (5/2) yang mana kami berangkat dari Kampus menuju daerah Talang. And here the map

Dan, petualangan bermula 😀

Sesampainya kami melapor terlebih dahulu ke posko yang terdapat di Jorong Aia Batumbuak. Disini seorang pendaki wajib membayar Rp. 7000 dan untuk uang parkir untuk roda dua adalah Rp. 5000 sedangkan roda empat Rp 10.000. setelah mengurus administrasi kami pun menuju camp awal. Disini kami mendirikan tenda sementara untuk bermalam guna mempersiapkan tenaga untuk pendakian esok hari.

IMG_2706
Sarapan sebelum berangkat

Pagi di hari sabtu (6/2) setelah mempersiapkan tenda kami pun makan pagi dan melakukan sedikit exercise dan kemudian sarapan.

Pendakian menuju Gunung Talang ada dua jalur yang pertama adalah jalur Aia Batumbuak dan Bukik Sileh, namun dikarenakan medan bukik sileh lebih berat dan lebih emakan waktu dari pada jalur Aia Batumbuak maka kami melewati jalur ini. Untuk jalur Aia Batumbuak, dapat dilakukan pergi-pulang dalam sehari, dengan waktu perjalanan mulai dari 2,5 jam hingga 5 jam (and I did the last hehe karena bawaan berat dan juga badan yang semakin berat juga hehe). Kami memulai pendakian pada ketinggian 1300 m dpl, dan puncak disini berada diketinggian 2700 m dpl. Medan yang ditempuh mulai dari pendakian biasa, jalan berlumpur, tangga darurat hingga pendakian bertali. Disepanjang jalan banyak gelondongan pohon yang menjadi injakan jalan karena jalan disini banyak yang berlumpur.

 

IMG_2720
Gelondong kayu yang ada dijalan menuju puncak

 

IMG_2728
Jalanan berlumpur

Hal yang memudahkan pendakian ini dibanding pendakian lain adalah penunjuk jalan. Penunjuk jalan ini berupa nomor rambu, yang mana ada total rambu yang harus dilalui ada 54 nomor rambu!

IMG_2721
Nomor rambu yang dtak luput dari vandal ckckck

Sesampainya diatas kami disambut oleh hujan

IMG_2737
Gunung Talang yang berkabut

Karena ada tim advance yang sudah berangkat duluan untuk memasang tenda dan kami tim terakhir pun tinggal duduk cantik di tenda. Eh, eeh bukan, kami harus mempersiapkan berbagai makanan dan minuman karena cuaca yang dingin dan pakaian basah kuyup. Setelah menyiapkan semuanya waktunya makan.

Kami sudah mempersiapkan makanan dari Padang. Kali ini kami membawa rendang ayam dan tribol yang ketahanan makanan ini diatas rata-rata wkwkwk.

Dan untuk menunggu malam, apa yang dilakukan?

IMG_2839
Best game ever! UNO

Minggu (7/2) dan waktunya observasi. Yang Ibu-Ibu melakukan observasi di depan nesting dan kompor gas 😀 sedangkan bapak-bapak mulai pergi observasi mencari sampel atau meakrabkan diri dengan Ibu-Bapak pendaki lain.

IMG_2756
Pendakian Gunung Talang memang cukup ramai, apalagi diakhir pekan

Sayang sekali, selama beberapa hari kami disana kami disambut badai dan cuaca yang sangat dingin. Dan bahkan untuk buang air kecil saja hanya sanggup sehari sekali. Kurang beruntungnya kali ini persediaan gula habis dan jahe lupa untuk dibeli ditambah lagi api unggun tidak dapat dibuat karena hujan yang tak berhenti dari semalam sekurang-kurangnya gerimis. Siang harinya para pendaki bersorak sorai, saya kira ada apa ternyata setelah beberapa hari tak melihat langit biru akhirnya ada langit juga. Tapi tak sampai sorak sorai ala-ala tarzan selesai gerimis datang lagi dan disusul hujan lebat disertai angin, badai! Kami pun mengisi sore ini dengan ngobrol, cerita ngalor ngidul, curcol, gitar, menyanyi dan Uno 😀

IMG_2845
Persiapan makan malam ditengah badai

Senin (8/2) waktunya beres-beres dan pulang. Hujan pagi ini cukup lebat dan membuat kewalahan. Dan kami pun menjelma menjadi ala-ala teletubbies sambil memungut sampah, packing dan melipat tenda. and here we are, at the end of the journey 😀 Dan jalan yang kami tempuh pun seakan menjadi lumpur hisap hingga menyentuh betis (kalau saya menyentuh lutut malah hehe) jalanan tanah yang tinggi dan licin menjelma jadi prosotan lumpur yang super licin wkwkwk.

IMG_2859
Colorful in the rain wkwkwk

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *