Berita

Rohingya

Beberapa hari ini media Indonesia tengah disibukkan dengan pemberitaan imigran dari Rohingya. Siapakah Sebenarnya Rohingya? Rohingya merupakan masyarakat yang berasal dari Arakan, Myanmar. Namun mereka tidak diakui karena mereka dianggap berasal dari imigran Bangladesh dan memiliki perbedaan dibanding penduduk mayoritas Myanmar, mereka Muslim. Dan yang menyedihkan adalah bukan hanya mereka tidak diakui oleh pemerintah dan otoritas disana, namun mereka dicekam melalui kekerasan hingga pembunuhan.

(sejarah lebih lanjut cek http://www.arrahmah.com/rubrik/sekilas-tentang-realitas-muslim-rohingya-di-arakan-myanmar.html)

Beberapa berita mengenai Rohingya dapat dilihat pada link berikut:

Ratusan pengungsi Rohingya di Aceh bergantung pada bantuan”

http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2015/05/150515_indonesia_rohingya_cangkoi

“Lagi, ratusan pengungsi Rohingya mendarat di Aceh”

http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2015/05/150515_rohingya_langsa_thailand

Dan akhirnya mereka satu persatu meninggalkan kampung halamannya, mencari suaka. Bukan hanya kendaraan yang seadanya, terkatung-katung di atas samudera Hindia memaksa mereka untuk menahan rasa haus, lapar dan sakit. Belum lagi ancaman hantaman ombak Hindia yang menggulung besar.

Sepertinya dunia mesti belajar lebih realistis lagi, bagaimana menilai sebuah Hak Azazi Manusia. Terlebas dari sisi mayoritas-minoritas, yang namanya manusia tentu hakikatnya manusia bersifat manusiawi dan saling mengasihi. Dan bawakan ke diri masing-masing bagaimana jika kita berada diposisi mereka. Sanggupkah kita? Dan mungkin hikmah penduduk Aceh menjadi korban tsunami satu sekade lalu, maka datanglah pengganti penduduk baru untuk Aceh. Dan untuk kita yang memiliki kemampuan lebih, inilah ladang amal untuk kita memberi bantuan kepada mereka. Beberapa organisasi penyalur bantuan seperti Rumah Zakat (please check here: www.rumahzakat.org) atau lembaga kemanusiaan lainnya.

 

 

 

Saya masih belajar menjadi manusia yang bisa bermanfaat untuk sesama, salam kenal dan mari ngobrol :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *